Mazmur Katolik 66: Rasakan kuasa besar dan pemeliharaan Tuhan, bergerak menuju kelimpahan Tuhan

Mazmur 66 tidak hanya menceritakan kisah keajaiban perbuatan Tuhan di masa lalu, namun juga menunjukkan bagaimana Dia terus memimpin dan memelihara kita dalam hidup kita. Bacalah mazmur ini beserta penjelasannya, hargai sedalam-dalamnya penyertaan Tuhan, serta syukuri dan puji Tuhan dengan tulus, sehingga Anda bisa lebih mengandalkan tuntunan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

“Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah kepada Tuhan: ”Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk menjilat kepada-Mu. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, memazmurkan nama-Mu.”

Pergilah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan Tuhan; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia: Ia mengubah laut menjadi tanah kering, dan orang-orang itu berjalan kaki menyeberangi sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia, yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya, yang mata-Nya mengawasi bangsa-bangsa. Pemberontak-pemberontak tidak dapat meninggikan diri.

Sela Pujilah Tuhan kami, hai bangsa-bangsa, dan perdengarkanlah puji-pujian kepada-Nya!

Ia mempertahankan jiwa kami di dalam hidup dan tidak membiarkan kaki kami goyah.

Sebab Engkau telah menguji kami, ya Tuhan, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.

Engkau telah membawa kami ke dalam jaring, mengenakan beban pada pinggang kami;

Engkau telah membiarkan orang-orang melintasi kepala kami, kami telah menempuh api dan air; tetapi Engkau telah mengeluarkan kami sehingga bebas.

Aku akan masuk ke dalam rumah-Mu dengan membawa korban-korban bakaran, aku akan membayar kepada-Mu nazarku,

yang telah diucapkan bibirku, dan dikatakan mulutku pada waktu aku susah.

Korban-korban bakaran dari binatang gemuk akan kupersembahkan kepada-Mu, dengan asap korban dari domba-domba jantan; aku akan menyediakan lembu-lembu dan kambing-kambing jantan.

Sela Marilah, dengarlah, hai engkau sekalian yang takut akan Tuhan, aku hendak menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadap diriku.

Kepada-Nya aku telah berseru dengan mulutku, kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian.

Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar.

Sesungguhnya, Tuhan telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan.

Terpujilah Tuhan, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.” (Mazmur 66:1-20)

Mazmur 66 memberi kita inspirasi yang mendalam, menunjukkan kemuliaan dan kebesaran Tuhan, serta penuh dengan pujian dan syukur atas perbuatan ajaib Tuhan. Bab Mazmur ini bukan sekadar tinjauan atas perbuatan Tuhan di masa lalu, namun juga merupakan pemahaman mendalam akan pemeliharaan dan bimbingan Tuhan yang tiada henti, sehingga memungkinkan kita melihat perbuatan besar Tuhan dalam hidup kita, dan dengan demikian mendapatkan doorongan dan keyakinan.

Bab Mazmur ini dimulai dengan seruan yang penuh semangat, yang memanggil seluruh dunia untuk bersorak gembira kepada Tuhan dan menyanyikan pujian bagi nama-Nya. Baik gunung maupun lautan, baik seluruh ciptaan maupun umat manusia, semuanya memuji Tuhan atas kemuliaan-Nya. Ini bukan sekadar semacam pujian di permukaan, tetapi juga semacam penyembahan dari lubuk hati. Kita harus menggunakan kata-kata pujian untuk memperlihatkan kemuliaan-Nya, karena perbuatan-Nya begitu dahsyat dan kuasa besar-Nya mampu membuat musuh menyerah, sehingga membuat kita mengembangkan rasa hormat dan bersyukur dalam hati. Dengan meninjau perbuatan Tuhan dalam sejarah, kita dapat melihat keajaiban dan kuasa besar Tuhan. Tuhan mengubah laut menjadi daratan kering, memungkinkan bangsa Israel berhasil menyeberangi Laut Merah. Ini bukan hanya kisah kuno, tapi juga inspirasi bagi kita pada zaman modern. Sebesar apapun kesulitan yang kita hadapi, Tuhan selalu dapat memimpin kita melewati bahaya dan membawa kita ke tempat yang damai dan sukacita.

Dalam menghadapi ujian dan tantangan, pemazmur tidak menghindarinya, tetapi sebaliknya berkata: “Sebab Engkau telah menguji kami, ya Tuhan, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak” (Mazmur 66:10) Meskipun ujian dari Tuhan berat, itu adalah untuk memurnikan iman kita dan membuat kita semakin bergantung pada-Nya. Setelah ujian ini, kita akan memasuki tempat yang berkelimpahan. Kita pasti akan menghadapi berbagai ujian dan kesulitan dalam hidup kita, namun di saat-saat inilah kita bisa lebih merasakan kehadiran dan bimbingan Tuhan, dan mengetahui bahwa seberat apapun kesulitan dan rintangan yang kita lalui, Tuhan pada akhirnya akan membawa kita ke tempat yang berkelimpahan.

Terakhir, pemazmur memanggil semua orang yang takut akan Tuhan untuk mendengarkan dia menceritakan perbuatan Tuhan. Masing-masing dari kita memiliki kesaksiannya masing-masing, dan hal-hal menakjubkan yang telah Tuhan lakukan dalam diri kita masing-masing layak untuk diceritakan dan dipuji. Kita harus berseru kepada Tuhan dengan mulut kita dan memuji Dia dengan lidah kita sebagai yang tertinggi. Kita mungkin memperhatikan dosa-dosa di dalam hati kita, tetapi selama kita percaya kepada Tuhan, Dia akan menjawab doa-doa kita, dan memberi kita kekuatan dan penghiburan yang kita perlukan.

Secara keseluruhan, Mazmur 66 bukan hanya merupakan pujian atas perbuatan besar Tuhan, namun juga merupakan penyemangat yang besar bagi iman kita. Hal ini mengingatkan kita bahwa apa pun kesulitan yang kita hadapi, selama kita percaya kepada Tuhan, Tuhan pasti akan memimpin kita menuju kemenangan dan kelimpahan. Semoga kita masing-masing memperoleh kekuatan dan iman darinya, berani menghadapi tantangan dalam hidup, dan bersaksi tentang perbuatan ajaib Tuhan.

Mari kita berdoa bersama

1. Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, kami bersyukur karena Engkau adalah Tuhan yang maha besar dan pengasih. Perbuatan-Mu sungguh ajaib dan kekuatan-Mu tak tertandingi. Kami dengan rendah hati bersujud di hadapan-Mu dan memuji nama kudus-Mu. O Tuhan, kami berterima kasih kepada-Mu karena Engkau tidak meninggalkan kami setiap saat dalam hidup kami, namun telah memimpin kami dengan tangan penuh kasih-Mu dan memimpin kami melewati badai dan pencobaan. O Tuhan, saat kami menghadapi kesulitan dan tantangan, berilah kami keyakinan dan keberanian, agar kami tetap bisa menatap wajah-Mu di tengah kesulitan dan yakin bahwa janji-Mu tidak akan menjadi kosong. Ujilah hati kami seperti perak, agar iman kami murni dan kokoh. Tuhan, kami berterima kasih atas setiap keajaiban yang Engkau lakukan dalam hidup kami. Kekuatan dan kasih-Mu melingkupi kami sepanjang waktu, sehingga kami dapat merasakan kehadiran dan kepemimpinan-Mu dalam keadaan apa pun yang kami hadapi. Semoga kami menyaksikan kemuliaan-Mu dengan kata-kata pujian setiap hari dan menyikapinya dengan hati yang bersyukur. Kami mohon Engkau membantu kami untuk menjadi saksi bagi kemuliaan-Mu, sehingga kami dapat berjalan dalam terang-Mu sepanjang hidup kami, tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. Kami bersedia memberikan segala kemuliaan kepada-Mu karena Engkau adalah Tuhan yang layak kami puji untuk selamanya. Amin!

2. Ya Tuhan, kami bersyukur bahwa Engkau adalah Tuhan yang maha besar dan ajaib. Perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib sungguh menakjubkan, dan kasih-Mu tidak pernah gagal. Kami memuji Engkau karena Engkau memungkinkan kami tetap hidup dan tidak membiarkan kaki kami goyah. Engkau mendengar tangisan kami di saat krisis, dan memberi kami kekuatan dan harapan ketika kami merasa paling tidak berdaya. Tuhan, berilah kami iman agar kami tetap percaya pada kuasa besar-Mu di saat cobaan. Bantu kami selalu mengingat kasih karunia-Mu, tak pernah lupa bersyukur di saat-saat yang mudah, dan tetap percaya kepada-Mu di saat-saat yang sulit. Semoga kemuliaan-Mu terwujud dalam hidup kami, dan semoga lebih banyak orang memuliakan Engkau dengan bersaksi tentang perbuatan-Mu. Oh Tuhan, kami mohon Engkau menyucikan hati kami dan jadikan kami umat yang berkenan kepada-Mu. Tolong bimbing kami untuk berjalan dalam terang-Mu dan di jalan-Mu yang benar. Semoga seluruh hidup kami menceritakan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib, dan menjadi kesaksian bagi kemuliaan-Mu. Amin!

Hubungi kami

Apakah Anda ingin bebas dari penderitaan karena terikat oleh dosa? Bergabunglah dengan grup belajar kami sekarang.Membantu Anda menemukan jalan.